Membiasakan Tubuh Mengkonsumsi Buah

Membiasakan Tubuh Mengkonsumsi Buah. Mengonsumsi buah untuk kesehatan pada umumnya sudah menjadi pola hidup masyarakat modern pada saat ini. Untuk sebagian orang yang mempunyai mobilitas tinggi dalam aktivitas sehari – harinya cenderung akan mengonsumsi buah. Apabila pada saat jam kerja yang padat, dan hanya mempunyai sedikit waktu untuk makan, buah bisa menjadi pilihan untuk sarapan atau makan siang ataupun brunch. Buah yang sejatinya tidak membutuhkan olahan lagi tentunya memudahkan kita untuk memakannya. Cukup dengan mencucinya hingga bersih, potong sesuai ukuran yang kita inginkan, lalu masukkan ke tempat bekal. Voila. Jadilah buah sebagai menu makan kita.


Setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita akan dicerna di dalam usus. Baik itu buah – buahan, sayur- sayuran, maupun  air minum kita sehari – hari. Semua yang masuk lewat pencernaan akan masuk dan diproses menjadi zat yang bermanfaat untuk tubuh kita, bisa menjadi lemak, bisa juga menjadi energi. Karena itu makan makanan dengan gizi seimbang sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh kita. Zat – zat yang dibutuhkan itu bisa kita dapatkan ketika mengonsumsi buah dan sayur.

Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Buah yang biasanya menjadi makanan pelengkap setelah menyantap makan besar yang  mengandung banyak karbohidrat, kini bisa juga menjadi alternatif makanan utama lho. Apalagi kalau Anda  sedang diet. Buah yang mengandung banyak vitamin bisa juga menggantikan makanan lain yang mengandung gizi yang sama untuk tubuh.

Seperti contohnya buah pisang. Buah pisang sendiri mengandung VitaminA, B6, C, protein, kalim, magnesium, mangan, serat, folat, ribovlafin, niacin dan besi. Bagi Anda yang tidak terlalu suka makanan berat, buah pisang ini bisa menjadi salah satu altenatif makanan yang mengenyangkan tanpa perlu makan berat. Untuk satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Buah ini bisa jadi alternatif buah pilihan anda ketika sarapan. Sereal favorit anda bisa ditambahkan dengan buah yang rasanya tidak terlalu manis ini. Pada sebuah penelitian, kandungan kalium pada pisang dapat memberikan stimulun pada otak, jadi buah pisang yang Anda konsumsi saat sarapan dapat meningkatkan konsentrasi Anda pada saat memulai aktifitas di pagi hari.

Untuk ibu hamil pun, buah pisang ini baik untuk janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori dalam pisang prnting untuk pembentukan sel - sel baru pada janin. Buah pisang juga dapat mengurangi morning sickness dan menjaga kadar gula darah pada ibu hamil.

Manfaat kandungan pisang tidak sampai disitu saja, nutrisi dalam buah pisang juga memiliki manfaat lain antara lain dapat melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, dan menormalkan fungsi jantung.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang Untuk Kecantikan

Ada beberapa tips cantik dari buah pisang yang bisa kita aplikasikan di wajah. Untuk Anda yang mengalami masalah kulit berminyak dapat mencobanya. Tumbuk daging buah pisang sampai halus, lalu tambahkan satu sendok the  perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Ratakan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan bahan- bahan tadi ke wajah Anda, dan diamkan kurang lebih 15 menit atau sampai kering. Kemudian bilas dengan air hangat, lakukan ini setiap hari sebelum tidur dan rasakan perbedaannya.

Buah pisang selain enak untuk dikonsumsi, ternyata masih ada bagian dari pisang yang bisa dimanfaatkan selain daging buahnya, yaitu kulitnya. Kulit buah pisang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan seperti mennjaga kesehatan kulit. Caranya, ambil kulit pisang secukupnya, lalu gosokkan ke bagian wajah atau leher Anda. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Dengan begitu, Anda bisa mencegah penuaan dini, keriput dan mengencangkat kulit.

Ternyata dari satu buah saja dapat menghasilkan banyak kebaikan untuk tubuh ini. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Mari mulai mengonsumsi buah karena masih banyak manfaat buah lainnya yang bisa diterapkan menjadi pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Membiasakan Tubuh Mengkonsumsi Buah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown