Sayur dan Buah – Buahan Berwarna

Sayur dan Buah – Buahan Berwarna.  Dalam menjaga kesehatan selain menjaga asupan makanan dengan gizi baik, tubuh juga perlu diimbangi dengan berolahraga. Olahraga bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Namun untuk memperoleh asupan yang baik, tentunya tubuh membutuhkannya selama proses aktivitas berlangsung setiap  harinya. Seperti kalau makan 3 kali sehari, tiga waktu tersebut harus dimanfaatkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi, serat yang tinggi serta vitamin alami untuk tubuh. Karena itu selain membutuhkan karbohidrat dari nasi pun tubuh membutuhkan buah dan sayuran yang mengandung serat. Selain dapat melancarkan pencernaan,vitamin pada buah – buahan dan sayuran pun dapat membuat kulit tubuh tidak mudah kering dan menjadi lebih bersinar.



Sayur dan Buah – Buahan Berwarna Merah

Sayur dan buah – buahan berwarna merah mengandung likopen, yaitu sebuah anti oksidan kuat  yang bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker. Warna merah pada makanan juga mengandung antosianin yang memcegah infeksi. Sayur dan buah – buahan yang berwarna merah antara lain jambu biji merah, anggur merah, paprika merah, tomat, semangka, ceri, apel merah dan bayam merah.

Selain untuk dikonsumsi secara teratur, buah yang berwarna merah ini bisa juga dijadikan makanan untuk diet. Memang tidak semua buah yang berwana merah yang bisa dijadikan makanan diet, namun buah apel merah bisa menjadi salah satu pilihannya. Karena apel merah memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung. Sehingga Anda tidak akan merasa lapar dan cepat – cepat mengunyah makanan dalam waktu yang dekat.

Sayur dan Buah – Buahan Berwarna Kuning atau Jingga

Selain sayur dan buah – buahan berwarna merah ada juga sayur dan buah – buahan berwarna kuning atau jingga. Sayur dan buah warna ini sering sekali dijumpai di tukang sayur keliling ataupun supermarket. Buah dan sayur dengan warna kuning atau jingga ini mengandung Beta Karoten dan Alpha Karoten, selain itu mengandung vitamin C yang berlimpah dan mengandung anti oksidan yang tinggi. Contohnya adalah jeruk, wortel, labu, nanas, dan jagung.

Ada berbagai manfaat buah yang berwarna kuning atau jingga ini. Seperti buah jeruk yang mudah sekali ditemukan walau tidak pada musimnya ini memiliki banyak keistimewaan. Antara lain, buah jeruk dapat menurunkan resiko stroke, dapat meningkatakan fungsi otak, membantu menjaga sistem imun, bisa membantu menghilangkan sariawan, dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Mungkin sebagian dari Anda memanfaatkan jeruk sebagai infused water. Ini adalah cara lain untuk menikmati buah jeruk. Mungkin Anda lebih nyaman meminum air yang cukup banyak daripada mengunyah dagung buah jeruk ini. Caranya buatnya mudah, buang kulit jeruk yang akan Anda jadikan infused water, karena biasanya kulit jeruk membuat airnya terasa agak pahit. Lalu letakkan buah jeruk di dalam botol infused water yang Anda miliki. Diamkan semalaman, lalu infused water siap diminum.

Jeruk juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Seperti, menghilangkan bekas luka, memutihkan gigi, dan membuat kuku jadi mengkilat dan menghilangkan jerawat..Untuk masalah jerawat, bisa menggunakan kapas lalu peras jeruk nipis dan letakkan di satu wadah, kemudian oleskan kapas ke dalam wadah yang berisi air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Apabila terasa terlalu perih, bisa ditambahkan satu sendok teh madu ke dalam perasan air jeruk nipis tadi. Demikian beberapa tips cantik dan kesehatan yang bisa didapat dari buah jeruk.

Sayur dan Buah – Buahan Berwarna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown